PekerjaanTips Bisnis

Tips Sukses Bisnis Baju dari Rumahan

FFNesia.com – Di masa pandemi seperti ini banyak orang yang pada akhirnya memilih untuk berbisnis dari rumah. Salah satunya adalah memulai bisnis Clothing Line atau pakaian. Bisnis pakaian memang termasuk salah satu bisnis yang menjanjikan. Karena selain pakaian merupakan kebutuhan primer manusia, seiring berkembangnya zaman model pakaian pun semakin bermacam-macam. Orang-orang modern cenderung mengikuti Tren Fashion yang ada setiap harinya. Apakah anda tertarik untuk berbisnis pakaian? Berikut kami bagikan step by step untuk memulai bisnis pakaian dari rumah.

1. Putuskan Pakaian Jenis Apa yang Ingin Anda Jual

Pastikan jenis yang anda pilih adalah hal yang Andai sukai. Dengan demikian,  Anda akan memiliki cukup gairah untuk menjalankan bisnis pakaian Anda dan untuk terus bertahan ketika masa sulit. Anda bisa memilih untuk berbisnis pakaian baru ataupun secondhand. Anda juga bisa memilih beberapa jenis pakaian yang berbeda sehingga ketika orang membutuhkan pakaian acara-acara tertentu, mereka memikirkan perusahaan Anda terlebih dahulu.

2. Ciptakan Ruang Kreatif

Tentukan ruang atau kamar mana di rumah Anda yang akan didedikasikan untuk bisnis Anda. Ruang harus bersih dengan pencahayaan yang baik. Fikirkan ruang kerja seperti apa yang Anda inginkan. Memiliki kantor rumah yang indah bisa memotivasimu untuk semangat bekerja dan terus berjalan. Pastikan juga akses menuju ruang bisnis anda mudah untuk dilalui oleh Anda maupun konsumen.

Baca Juga:  Bisnis Yang Sukses Berkembang Saat Covid 19

3. Temukan Supplier Grosir atau Produsen

Jika memungkinkan, carilah pihak yang bersedia untuk membantu Anda dengan menyediakan beberapa kontak supplier / produsen. Dengan demikian, Anda bisa membuat daftar perusahaan yang memproduksi jenis pakaian yang ingin Anda jual, dan Anda bisa memilih harga terbaik dan kualitas produk yang Anda inginkan.

Jika Anda berbisnis pakaian secondhand ( thrifting ), pastikan barang Anda dalam keadaan baik sehingga menarik perhatian calon konsumen. Saat ini bisnis thrifting sedang ramai karena biasanya orang-orang akan mendapat pakaian branded berharga miring dengan kualitas yang masih baik atau bahkan seperti baru.

4. Manfaatkan Teknologi

Dengan teknologi yang ada saat ini, Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen dengan membuka Online Shop. Anda bisa membuat situs web, membangun akun social media ataupun memanfaatkan marketplace. Banyak fitur yang bisa Anda gunakan, seperti jasa iklan yang mana produk anda kan lebih mudah untuk deperkenalkan kepada calon konsumen.

Saat melakukan promosi secara online, pastikan Anda telah mencantumkan deskripsi produk Anda dengan lengkap, sehingga pelanggan benar-benar tahu apa yang mereka pesan.

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat web dan online shop lainnya, Anda bisa menyewa jasa pembuat web. Dan untuk mengelolanya, Anda bisa mengelola sendiri ataupun memperkerjakan karyawan.

5. Siapkan Metode Pembayaran

Jika Anda hanya menjalankan bisnis Anda secara offline, Anda bisa melakukan transaksi dengan cara tunai. Namun jika juga membuka online shop, maka Anda harus menyiapkan rekening bank atau metode pembayaran lainnya. Anda bisa menggunakan rekening bank yang paling umum digunakan saat ini, seperti BRI, BCA, BNI dll. Anda juga bisa melakukan transaksi melalui dompet digital seperti Gopay, OVO, DANA, dan berbagai e-wallet lainnya.

FFnesia Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker