Finansial

Trik Mendapatkan Tambahan Modal, Tanpa Harus Hutang ke Bank

FFNesia.com – Saat membutuhkan tambahan modal untuk usaha, banyak pengusaha memilih untuk mengajukan pinjaman ke Bank. Selain karna plafon yang diberikan oleh bank cukup besar, biasanya pencairannya juga relatif cepat.

Namun, sudah jelas, jika Kamu memilih untuk meminjam uang di bank, maka Kamu harus siap untuk membayar cicilan tiap bulannya, bahkan termasuk bunga tentunya. Terlambat sedikit, Kamu bisa kena denda. Begitu juga jika sampai menunggak, gagal bayar atau tidak sanggup membayar. Siap-siap deh, Kamu bakan jadi buronan debt collector.

Mengajukan pinjaman di bank memang cara yang paling mudah dan cepat bagi Kamu yang butuh modal dalam jumlah besar. Tapi sebenarnya Kamu bisa mengakalinya. Kamu bisa dapat dana segar untuk tambahan modal tanpa perlu berurusan dengan bank. Berikut trik yang bisa kamu lakukan :

1. Jual Barang Kamu Yang Sudah Tidak Terpakai

Barang bekas yang tidak terpakai kerap kali bikin Kamu pusing. Selain memakan banyak tempat, Kamu juga harus sering-sering membersihkan dan merapikannya. Repot kan pastinya? Tidak masalah jika barang-barang tersebut masih Kamu gunakan. Yang jadi masalah adalah, barang tersebut hanya akan jadi tumpukan tidak berguna jika memang sudah tidak terpakai lagi. Padahal, bisa jadi barang-barang tersebut dibutuhkan oleh orang lain.

Baca Juga:  Cara Dapat Uang Saat Ramadhan & Lebaran untuk Millenials

Daripada menumpuk dan berdebu,usang dan rusak. Lebih Kamu jual barang tersebut asalkan masih dalam kondisi baik dan layak dipakai. Lumayan kan, Kamu bisa menggunakan uangnya untuk tambahan modal.

Dan sekarang, Kamu bisa dengan mudah menjual barang bekas Kamu secara online atau di marketplace. Kamu hanya perlu upload foto barangnya, cantumkan deskripsi dan harga.

2. Gadaikan Barang Berharga Kamu

Solusi cepat lainnya untuk mendapat kucuran dana segar tanpa perlu ke bank adalah gadai barang. Jika Kamu punya barang berharga, jangan ragu untuk menggadaikannya. Toh hal ini kamu lakukan untuk kepentingan usaha Kamu kan, biar lebih produktif. Jika Kamu sudah mendapatkan keuntungan dari usaha Kamu, barang gadai tadi bisa Kamu tebus lagi.

Yang paling umum digadaikan biasanya adalah BPKB motor atau mobil, emas batangan maupun perhiasan, alat elektronik, bahkan sertifikat rumah atau tanah bila jika tambahan modal yang diperlukan cukup besar. Tapi ingat, gadaikan barang kamu hanya di tempat pegadaian resmi ya. Karena saat ini banyak sekali pegadaian illegal.

3. Cari Investor

Trik jitu terakhir adalah Kamu bisa mencari investor untuk bisnis kamu. Pastikan bisnis Kamu jelas arahnya kemana, punya visi dan misi yang baik, konsep yang unik dan menarik dan prospek yang menjanjikan. Dengan demikian, calon investor akan tertarik untuk ikut memberikan suntikan dana. Poin pentingnya adalah yakinkan investor bahwa bisnis Kamu ini bisa memberikan untung yang maksimal.

Kamu harus rajin pergi ke event atau acara dimana biasanya menjadi tempat para investor berkumpul. Lalu promosikan bisnis Kamu kepada mereka. Kamu juga bisa mengajak teman, kenalan dan orang-orang terdekat Kamu untuk jadi investor. Lakukan pendekatan personal agar mereka terkesan dengan Kamu dan Bisnis yang kamu tawarkan.

FFnesia Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker