Tips Bisnis

Penyimpanan Data Teknologi Digital Era New Normal

FFNesia.com – Masyarakat modern sudah sangat terbiasa bekerja dan beraktifitas dengan menggunakan teknologi komputer atau teknologi digital. Memang saat ini kecanggih teknologi sudah sangat banyak membantu kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, semakin banyak juga masyarakat yang membutuhkan penyimpanan data yang sesuai dengan kebutuhan. Saat ini ada beberapa jenis Penyimpanan Data Teknologi Digital yang tersedia. Berikut ini adalah 5 jenis yang perlu anda ketahui:

  1. Floppy Disk

Pilihan penyimpanan pertama yang bisa digunakan adalah floppy disk. Jenis penyimpanan ini termasuk sebagai penyimpanan data yang memiliki ukuran kecil karena biasanya hanya untuk menyimpan data atau file berupa teks.

Meskipun demikian, masih banyak juga yang menggunakan penyimpanan ini karena bisa dilakukan penulisan secara berulang-ulang. Kekurangan dari penyimpanan ini selain ukuran atau kapasitasnya kecil adalah prosesnya yang lama. Sehingga banyak juga yang tidak tertarik menggunakan jenis Penyimpanan Data Teknologi Digital ini.

  1. Zip drive

Jenis penyimpanan yang selanjutnya adalah zip drive. Jenis penyimpanan ini memiliki kapasitas yang lebih besar daripada floppy yakni bisa mencapai 100MB. Selain bisa digunakan untuk menyimpan file berupa grafik, penyimpanan ini juga sudah mampu menyimpan file multimedia. Perlu untuk diketahui bahwa ukuran dari Zip Drive ini adalah 1,47 inchi saja dan di dalamnya terdiri dari floopy drive serta cartridge floopy.

Baca Juga:  Tips Sukses Valaris Forex Trading
  1. Hardisk

Penyimpanan Data Teknologi Digital selanjutnya adalah hardisk. Jenis penyimpanan ini sudah sangat populer dan umum digunakan dalam komputer. Hampir semua file atau program komputer mampu tersimpan di dalam jenis penyimpanan ini. Jika anda memiliki komputer maka biasanya jenis penyimpanan yang digunakan adalah hradisk. Kapasitas hardisk sangatlah besar karena bisa mencapai 300GB. Bahkan saat ini sudah semakin banyak hardisk yang memiliki kapasitas hingga 1TB.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh penyimpanan hardisk adalah kemampuannya membaca data dengan cepat. Sehingga anda akan bisa dengan cepat mengakses data yang tersimpan di dalamnya.

  1. CD-ROM

CD-ROM hingga saat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat meskipun sudah semakin tergeser dengan jenis penyimpanan lain yang lebih praktis. Bentuk dari penyimpanan ini tipis dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Namun penyimpanan ini juga memiliki kekurangan yakni hanya bisa digunakan untuk menyimpan satu kali saja.

  1. DVD

Jenis penyimpanan DVD memiliki bentuk yang hampir sama dengan CD-ROM namun kapasitasnya jauh lebih besar. Selain itu ada beberapa pilihan DVD yang tersedia dengan kelebihannya masing-masing. Karena bentuknya yang sama maka terkadang orang sulit membedakan keduanya. Namun anda bisa melihatnya dari kapasitas yang ditawarkan. Jenis penyimpanan ini dapat menyimpan hingga 9Gbytes.

  1. Flash Drive

Selanjutnya adalah jenis penyimpanan data digital berupa flash drive. Jenis penyimpanan yang satu ini memiliki bentuk seperti chip yang biasanya digunakan atau dihubungkan dengan menggunakan USB. Kapasitas dari Flash Drive juga terbilang besar karena bisa mencapai 16GB. Masyarakat modern biasanya sering menggunakan jenis penyimpanan ini karena mudah digunakan, cepat, kapasitas besar serta bisa menyimpan data berulang kali.

Sebenarnya saat ini sudah ada jenis penyimpanan lain yang semakin menarik karena menawarkan fitur yang mumpuni. 6 jenis Penyimpanan Data Teknologi Digital yang telah disebutkan adalah jenis penyimpanan umum yang masih digunakan hingga saat ini. Sekian informasi tentang penyimpanan data yang bisa kami sampaikan semoga menambah wawasan anda.

FFnesia Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker