PekerjaanTips Bisnis

Ini Cara Pemula Jadi Kaya di Usia 20-an

FFNesia.com – Muda dan Kaya ? Ini Strategi yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Dari Sekarang, menjadi kaya adalah impian semua orang.  Tapi kenyataannya menjadi kaya secara mandiri bukanlah satu hal yang  mudah, harus melewati proses yang panjang dan melelahkan. Memang benar tidak ada kata terlambat untuk menjadi kaya, namun jika Kamu memulainya saat masih muda, Kamu akan memiliki potensi yang lebih besar dan waktu yang lebih lama untuk mengumpulkan kekayaan, dan bahkan akan terus bertambah seiring kamu menua.

Oleh karena itu, usia 20-an adalah usia yang tepat untuk memulai perjalanan Kamu. Berikut beberapa strategi yang bisa Kamu lakukan untuk menjadi “a Young and Wealthy” millennial.

1. Berhenti Menunda-Nunda.

Tidak ada kesuksesan yang instan. Biasanya kecerobohan anak muda adalah percaya bahwa selalu ada cukup waktu untuk melakukan segalanya . Mereka berpikir bahwa pensiun, atau membangun kekayaan, adalah sesuatu yang datang di kemudian hari. Jadi mereka lebih sering nongkrong, pergi bersama teman dan menghabiskan waktu untuk hal-hal lain yang unfaedah. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berhenti menunda. Semakin cepat Kamu menabung dan berinvestasi semakin cepat pula peluang Kamu untuk menjadi kaya.

2. Jangan Lebih Besar Pasak daripada Tiang

Jika Kamu menginginkan finansial yang stabil, maka mulai saat ini belajarlah unuk me-manage keuangan Kamu. Pastikan pengeluaran Kamu tidak lebih banyak dari pada pendapatan. Prioritaskan kebutuhan, batasi keinginan. Dengan demikian Kamu akan bisa menyisihkan sebagian banyak pendapatan Kamu untuk menabung dan berinvestasi. Kamu bisa memulai dengan membuat rencana anggaran dengan bijak.

Baca Juga:  Intip Tips Bisnis Cara Kerja Trading Saham Online

3. Investasi pada diri sendiri

Investasi terbaik adalah investasi pada leher keatas. Berinvestasi pada diri sendiri berarti menghabiskan lebih banyak waktu untuk pendidikan Kamu, mengupgrade skill, dan berburu relasi baru yang mungkin dapat membantu Kamu mencapai tujuan Kamu. Semakin Kamu berpendidikan, terampil, berpengalaman, dan terhubung, semakin banyak peluang yang akan Kamu dapatkan, dan juga pendapatan yang lebih besar. Keduanya akan membantu Kamu membangun fondasi keuangan yang lebih kuat.

4. Bayar Hutang Kamu

Sebelum Kamu mulai menabung dan menginvestasikan uang secara teratur, sebaiknya lunasi semua hutang yang mungkin telah Kamu kumpulkan. Misalkan Kamu masih punya cicilan kartu kredit maka pendapatan Kamu tiap bulannya akan terpotong untuk membayar bunganya. Jangan biarkan ini menggerogoti potensi Kamu. Jadi, prioritaskan membayar hutang Kamu secepat mungkin.

6. Ambil resiko

Banyak pengusaha dan orang-orang sukses berkata “ Kunci sukses adalah berani keluar dari zona nyaman”.Kamu tidak akan pernah tau hasil dari sesuatu jika Kamu tidak mencobanya. Kamu masih muda, masih punya beberapa tahun untuk kedepannya. Trial and error dalam dunia usaha itu sudah biasa. Lebih baik menyesal karena sudah mencoba daripada menyesal karena tidak pernah mencoba. Karena dari salah dan gagal, Kamu akan banyak belajar

7.  Diversifikasi

Menciptakan beberapa sumber pendapatan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Mengapa ? karena jika salah satu dari usaha Kamu sedang mengalami penurunan, maka Kamu masih bisa ‘lanjut’, karena penghasilan Kamu masih mengalir dari usaha Kamu yang lain. Ibarat meja, jika hanya memiliki 1 kaki, maka tidak akan dapat digunakan lagi jika kaki meja tersebut patah. Namun meja dengan 4 kaki masih akan bisa berdiri karena masih ada 3 kaki yang menopangnya jika salah satunya patah.

FFnesia Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker